Percaya Diri
Pengertian Percaya Diri
Menurut (Fiorentika et al., 2016) kepercayaan diri adalah hal yang seharusnya dimiliki remaja untuk
mencapai kesuksesan. Terkadang remaja tidak menyadari bahwa kurangnya
kepercayaan diri dapat menghambat kegiatan sehari-hari. Menurut (Utomo & Harmiyanto, 2016) adanya dukungan dari lingkungan sekitar, terutama keluarga, akan
menghindarkan remaja dari kemungkinan kurang rasa percaya diri (lack of self
confidence). Menurut (Walid et al., 2016) jika orang yang kepercayaan dirinya rendah, maka pada dirinya terdapat
keraguan, kehampaan dan keputusan individu dalam menghadapi tuntutan dan
tantangan hidupnya, serta menghasilkan penilaian yang rendah atas dirinya dalam
kaitannya dengan orang lain.
Menurut (Walid et al., 2016) bahwa percaya diri memiliki arti meyakinkan pada kemampuan dan
penilaian (judgement) diri sendiri dalam melakukan tugas dan memilih pendekatan
yang dirasa cukup efektif.
Menurut (Azis & Salam, 2018) kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan yang dimiliki seseorang
bahwa dirinya mampu berperilaku seperti yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil
seperti yang diharapkan.
Menurut (Azis & Salam, 2018) kepercaaan diri bahwa individu yang mengatahui tentang potensi yang
ada pada dirinya sehingga mampu mengembangkan kemampuan yang ada pada dirinya
dan dapat mencapai target yang telah dia rencanakan. Orang yang memiliki
kepercayaan diri yang positif adalah Keyakinan kemampuan diri, Optimis, Objektif,
Bertanggung jawab, Rasional dan realistis.
Sikap remaja yang menunjukkan
rendahnya kepercayaan diri, seperti:
Menurut (Fiorentika et al., 2016) sikap remaja yang menunjukkan rendahnya kepercayaan diri adalah sebagai berikut:
·
Selalu ragu-ragu dalam melakukan
suatu hal,
·
mudah cemas,
·
tidak memiliki keyakinan,
·
cenderung menghindar,
·
menutup diri, kurang inisiatif,
·
mudah patah semangat,
·
takut untuk tampil di depan orang
banyak, dan lain-lain akan menghambatnya untuk melakukan sesuatu
Aspek-aspek kepercayaan diri:
Menurut (Azis & Salam, 2018) aspek-aspek kepercayaan diri adalah sebagai berikut:
·
keyakinan diri,
·
optimis, objektif,
·
bertanggung jawab,
·
rasional dan realistis, agar
memenuhi kriteria tersebut siswa harus menumbuhkan rasa percaya diri dari dalam
diri setiap individu
Faktor-faktor yang
memengaruhi kepercayaan diri individu
Menurut (Azis & Salam, 2018) faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri individu adalah sebagai
berikut:
·
Konsep diri,
·
Harga diri,
·
Pengalaman,
·
Pendidikan
Mengembangkan Kepercayaan
Diri Siswa
Menurut Lindenfield (1997: 14-15) dalam (Tanjung & Amelia, 2017) ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan
kepercayaan diri adalah sebagai berikut:
1.
Cinta
Individu perlu dicintai tanpa syarat . Untuk perkembangan
harga diri yang sehat dan langgeng, mereka harus merasa bahwa dirinya dihargai
karena keadaan yang sesungguhnya, bukan yang seharusnya atau seperti yang
diinginkan orang lain.
2.
Rasa aman
Bila individu merasa aman, mereka akan mencoba
mengembangkan kemampuannya dengan menjawab tantangan serta berani mengambil
resiko yang menarik.
3.
Model peran
Mengajar lewat contoh adalah cara yang paling efektif agar
anak mengembangkan sikap dan keterampilan sosial untuk percaya diri . Dalam hal
ini peran orang lain sangat dibutuhkan untuk dijadikan contoh bagi individu
untuk dapat mengembangkan rasa percaya .
4.
Aku berpengetahuan luas
Setiap orang pasti memiliki kelebihan atau keunggulan.
Untuk perlu menemukan kelebihan atau keunggulan pada diri kita dan kemudian
mengembangkan dengan sungguh-sungguh. Jika berhasil akan meningkatkan
kepercayaan diri .
5.
Hubungan
Untuk mengembangkan
rasa percaya diri terhadap segala hal individu perlu jelas mengalami dan
bereksperimen dengan beraneka hubungan diri yang dekat dan akrab di rumah
ataupun teman sebaya
6.
Kesehatan
Untuk bisa menggunakan sebaik-baiknya kekuatan dan bakat
membutuhkan energi yang cukup . Mempunyai kesehatan jasmani dan rohani yang
baik . Dalam masyarakat bisa dipastikan bahwa individu yang tampak sehat
biasanya mendapatkan lebih banyak pujian, peratian, dorongan moral dan bahkan
kesempatan
7.
Sumber daya
Sumber daya memberikan dorongan yang kuat karena dengan
perkembangan kemampuan anak memungkinkan mereka memakai kekuatan tersebut untuk
menutupi kelemahan yang mereka miliki
8.
Dukungan
Individu membutuhkan dorongan dan pembinaan bagaimana
menggunakan sumber daya yang mereka miliki. Dukungan juga merupakan faktor
utama dalam membantu individu sembuh dari pukulan rasa percaya diri yang
disebabkan karena oleh trauma, luka dan kekecewaan .
9.
Upah dan hadiah
Upah dan hadiah juga merupakan proses mengembangkan rasa
percaya diri agar menyenangkan dari usaha yang telah dilakukan .
SIMPULAN DAN SARAN
Menurut (Tanjung & Amelia, 2017)
kepercayaan diri diperoleh dari pengalaman hidup dan berhubungan dengan
kemampuan melakukan sesuatu dengan baik. Dengan kepercayaan diri yang baik
seseorang akan dapat mengaktualisasikan potensi-potensi yang ada dalam dirinya
Kepercayaan diri sangat penting dalam menjalani kehidupan maka dari itu
individu perlu untuk meningkatkan kepercayaan dirinya agar bisa menjalani
kehidupan yang suskes.
DAFTAR PUSTAKA
Azis, A. R.,
& Salam, P. A. (2018). Keefektifan layanan informasi berbasis instagram
untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan
Konseling, 1(3), 183. https://doi.org/10.26539/1363
Fiorentika,
K., Santoso, D., & Simon, I. (2016). Keefektifan Teknik Self-Instruction
Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Smp. Jurnal Kajian Bimbingan Dan
Konseling, 1(3), 104–111. https://doi.org/10.17977/um001v1i32016p104
Tanjung,
Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI
(Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6.
https://doi.org/10.29210/3003205000
Utomo,
D., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal
Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Sman 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal
Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 55–59.
https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p055
Walid,
A., Gamal Tamrin Kusumah, R., & Doktoral, P. (2016). Pengaruh Rasa
Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA The
Effect Of Self Confidence Towards Students’ Motivation For Achievements In
Science Lesson.
Comments
Post a Comment